Pages

Jumat, 20 September 2013

Menanam... "Hidroponik-Parung Farm"

Menanam bukan hanya membuat kita senang, menanam bisa bikin stress hilang, mood jadi baik, alam jadi bersahabat, kalau yang ditanam adalah sayuran bisa ngirit belanja ibu rumah tangga, dan banyak lagi. Dan bahagia tiada duanya saat tanaman kita berbuah atau kita bisa memanen sayuran secara langsung.

Saat ini, menanam tidak hanya dilakukan di lahan yang luas dan berhektar-hektar, menanam juga bisa dilakukan di halaman rumah dengan berbagai konsep, mulai dari tabulampot, vertikulture, hidroponik dan polybag. Semua itu akan terasa menyenangkan sekaligus mempercantik halaman rumah dan menyejukkan mata yang memandang.

Banyak sekali organisasi dan komunitas yang menggembor-gemborkan untuk terus menanam, menjaga alam ini agar tetap lestari, menjaga lingkungan ini agar manusianya sehat sehingga memudahkan kita untuk terus belajar dan gag takut untuk menanam walau bukan lulusan pertanian atau bahkan tak ada basic sama sekali. Karna media sosial semakin banyak, mulai dari twitter, Facebook,google, Whatsaap dan sejenisnya memudahkan kita untuk  terus belajar dan berbagi ilmu.

Sebagai salah satu referensi di Kabupaten Bogor, tepatnya di Jl. Raya Parung No. 456 terdapat 3 ha lahan yang ditanam sayuran dengan sistem hidroponik. Disana juga terdapat berbagai bibit tanaman tabulampot yang bisa anda beli kapan saja. Tanah seluas 3 Ha itu sudah beroperasi sejak 10 tahun yang lalu dan sekarang sudah punya cabang di kawasan Puncak. Sebut saja“Parung Farm”mengembangkan hidroponik sebagai media tanam dan berbagai tanaman organic yang menyehatkan. Saat ini sayuran yang dihasilkan sudah dipasarkan dan di packaging dengan rapi sehingga bisa menembus supermarket. Disana juga menerima pelatihan untuk siswa, mahasiswa, hobbies, dsb. Satu paket pelatihan seharian di hargai Rp. 750.000 dengan berbagai fasilitas dan konsultasi sepanjang waktu. Tetapi jika anda hanya ingin melakukan kunjungan saja, cukup 25.000/orang dan anda akan diajak berkeliling dan mendapat materi dari instruktur yang handal.








Hidropnik yang digunakan bervareatif mulai dari menggunakan pasir, kapas, spons, dan lain-lain. Banyak alternative yang bisa digunakan untuk mendapatkan tanaman yang subur dan mulus, yang penting kita mau memperlakukannya sama seperti memperlakukan diri kita sendiri. Selalu menyiramnya setiap pagi dan sore atau disesuaikan dengan iklim daerah dimana kamu menanam, mulailah menanam di waktu sore karena itu akan membuatnya lebih baik karena tidak langsung terkena sinar matahari, dan satu lagi gunakan pupuk organic karena kualitas tanah akan berpengaruh pada kesuburan tanaman dan sustainable tanamana tersebut.  


Jadi, atak ada alasan lagi untuk malas menanam dan mengajak orang lain untuk menanam, ini Negeri kita, Indonesia punya kita.. jaga dia.. lestarikan dia.. karena kita telah menjadi bagiannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar